Busnis Plant

BAB I
RINGKASAN EKSEKUTIF


Di pasar internasional produk Kerajinan Indonesia telah memiliki posisi yang cukup bagus, dengan pangsa pasar antara 3 % sampai 4% dari total nilai ekspor dunia Di Abad Ke 21 ini Bisnis Kerajinan Semakin berkembang, itu yang membuat saya Termotivasi untuk membuat sebuah Usaha di Bidang Kerajinan dengan inovasi & kreasi masa kini. Sehingga bisa menembus semua kalangan. Baik Kalangan, Menengah atau Atas dengan Kualitas Terjamin, Harga Terjangkau & Pelayanan Prima.
Pada Tanggal 01 Januari 1995 Saya Membuat Usaha di Bidang Kerajinan Bernama “NUSA INDAH workShop” yang melayani Penjualan secara Online, Langsung & Tidak Langsung Melalui Agen/Reseller dengan Memproduksi sendiri atau Dikirim Oleh Supplier dari Bali & Jakarta. Dengan  Produk antara lain : Supenir, Tempat cincin, Placemat, Box Tisue, tempat sendok, tempat buah, Tas Wanita & Pria, Bak Sampah, Coster, nampan, , Basi, tambang buka, tambang tutup, tempat botol,
Oleh Karena itu Di butuhkan Dana yang Cukup Besar Sekitar 
Rp. 200.000.000 Namun Kurang Sekitar Rp. 50.000.000 Modal Pinjaman untuk Membuka usaha Di Bidang Kerajinan ini Di butuhkan Sekitar 12 Tenaga Kerja dan 2 Buah Tungku/Oven, serta bahan baku dan Perlengkapan serta Peralatan Lainnya.
Yang dapat Menghasilkan Sekitar 3.200 Pcs barang yang di produksi dan 280 Pcs yang Di ambil Dari Supplier dalam waktu 1Bulan dengan Laba Bersih 
Rp. 15.000.000/Bulan Sudah di kurangi estimasi Angsuran Pinjaman Dana 
Rp. 50.000.000 Selama 2Tahun Jika Bunganya 9%/Tahun Berarti angsuran Perbulannya Rp. 2.333.333/Bulan.
Bisnis di Bidang Kerajinan ini Sangat Menjanjikan Ketika Kita Memiliki Inovasi & Kreasi Untuk Di Kembangkan. Selain Itu, Mempunyai Sinergitas Dengan Karyawan, Pemerintah & Masyarakat di Lingkungan Sekitar Menjadi Hal Penting Agar Bisnis di Bidang Kerajinanini Semakin Berkembang.





BAB II
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN



2.1         DATA PERUSAHAAN

1)    Nama perusahaan                     :  UD.NUSA INDAH SHOP
2)    Bidang usah                             :  Kerajinan
3)    Jenis Produk / Jasa                  :  Anyaman Ketak
4)    Alamat perusahaan                            :  Jl. Pramuka no.1 Karang Bayan Kec.Lingsar        
                                                           Kab.Lombok Barat NTB
5)    No. Telepon / Fax                    :  081805205260
6)    Alamat Email                           :  ketaknusaindahlombok@gmail.com
7)    Bank Perusahaan                      :  Bank BCA
8)    Bentuk Badan Hukum                :  UD
9)    Nomor Akte Pendirian              :   -
10)  NPWP                                     : 16.254.620.4-915.555 
11)  Mulai Berdiri                            :  1995

2.2         BIODATA PEMILIK / PENGURUS
1.      Nama                                    : AWIDI
2.      Jabatan                                 : Direktur Utama / Pemilik
3.      Tempat dan Tanggal Lahir       : Peresak timur 13-01-1971
4.      Alamat Rumah                        : Jl. Pramuka no.1 Karang Bayan Kec.Lingsar
  Kab.Lombok Barat NTB
5.      Nomor Telepon                 : 081805205260
6.      Alamat Email                         : ketaknusaindahlombok@gmail.com
7.      Pendidikan Terakhir               : SMA
8.      Perguruan Tinggi                             :
9.      Jurusan                                 : Ekonomi ( Manajemen )
10.  Pengalaman Kerja                     : Sebagai pelatih Kerajinan Anyaman Ketak



2.3      STRUKTUR PERUSAHAAN
1)    Bagian Keuangan                      : 1 Orang
2)    Bagian Pemasaran                    : 1 Orang
3)    Bagian Pelayanan + Adm           : 1 Orang
4)    Bagian Pengiriman                   : 1 Orang
5)    Bagian Produksi                       : 8 Orang






2.3    VISI & MISI PERUSAHAAN

         Visi
Menjadi Perusahaan Kerajinan dengan Inovasi & Kreasi Masa kini yang paling Populer & Laris di masyarakat luas dengan Kualitas Terjamin, Harga Terjangkau & Pelayanan Prima.



Misi 
Memproduksi Produk Kerajinan Yang Unik dengan Inovasi & Kreasi Masa kini
Selalu memperluas Relasi & Area Distribusi Pemasaran dengan Membuka Cabang atau Merekrut Agen/Reseller di Seluruh Indonesia Secara Bertahap
Meningkatkan Kinerja & Keahlian para Karyawan agar selalu berinovasi & Kreatif  dengan memberikan Pelatihan-Pelatihan
Meningkatkan Kerjasama dengan berbagai Pihak Agar Terciptanya Sinergisitas yang Baik
Memberikan Pelayanan Prima Kepada Konsumen & Agen/Reseller di Seluruh Indonesia


























BAB III
ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN


3.1     PRODUK YANG DIHASILKAN / DIJUAL
 









                                                                             
Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x40.                                                            Size :30x40
Rp.  :45.000            `                                              Rp    :45.000                                      

 








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x40.                                                            Size :30x40
Rp.  :45.000            `                                              Rp    :45.000         
 









Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x40.                                                            Size :30x40
Rp.  :45.000            `                                              Rp    :45.000         








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x40.                                                            Size :30x40
Rp.  :45.000            `                                              Rp    :45.000         
 







Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x20.                                                            Size :30x20
Rp.  :75.000            `                                              Rp    :60.000         








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x30.                                                            Size :30x40
Rp.  :75.000            `                                              Rp    :100.000       
 








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :30x20.                                                            Size :12x12
Rp.  :150.000          `                                              Rp    :50.000         

 








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :25x25.                                                            Size :21x20
Rp.  :60.000            `                                              Rp    :100.000       
 









Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :20x25.                                                            Size :10x10
Rp.  :160.000          `                                              Rp    :40.000         
 









Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :25x20.                                                            Size :20x20
Rp.  :60.000            `                                              Rp    :100.000       
 








Code:NI0000                                                           Code:NI0000
Size :28x13.                                                            Size :12x12
Rp.  :45.000            `                                              Rp    :45.000         




















 KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI
1.    Mempunyai Produk Kerajinan Yang Unik & Beragam dengan Inovasi dan Kreasi Masa kini dengan Ratusan Macam Produk.
2.    Memiliki Sistem keagenan/Reseller dengan sistem DropShopping Baik Online Maupun Langsung.
3.    Produk Sangat Berkualitas & Terjamin dengan Harga Bersaing.

3.2       KEGIATAN PEMASARAN YANG AKAN DILAKUKAN
1.      Pameran
Mengikuti Pameran yang di adakan oleh Pemerintah Maupun Swasta baik Tingkat Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional. Khususnya Dinas Koperasi UMKM dan Deperindag yang sering Mengadakan Pameran.

2.      Personal Selling
Membuka Toko Sementara Yaitu Workshop agar Konsumen Bisa Melihat Langsung Produksi dan Menjaga Kepercayaan & Kepuasaan Konsumen serta Merekrut Agen/Reseller Sebagai Personal Selling di seluruh Indonesia.

3.      Iklan (advrtising)
Media cetak    : Poster dan spanduk
Media online   : Twitter, Facebook, Instagram, Blog Youtube, Micro Blogging (BBM / Whatshapp) & Website
Media Cetak & Media Online Khususnya Ajang Promosi Paling Murah dan Efektif u/ meningkatkan Pendapatan Perusahaan.

3.3           TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU
    Gambaran Umum Pasar Sasaran
    Segmentasi pasar ( segmenting ) :
    Bisnis Produk Kerajinan ini mencakup segmen pasar dari masyarakat kalangan menengah sampai atas dari umur 15 tahun s/d 55 tahun.
    Target Pasar (targeting ) :
    Target pasar sasaran adalah Jepang, masyarakat yang ingin dan suka berpenampilan trendy dan modis dengan Produk Kerajinan dengan Unik & Beragam dengan Inovasi & Kreasi Masa Kini.
    Positioning 
     Bahan / rumput Ketak dengan Kualitas Terjamin dan dibuat sebagus mungkin dan menarik dengan Unik & Beragam dengan Inovasi & Kreasi Masa Kini agar konsumen tertarik untuk membeli Produk kami.





3.4       TREND PERKEMBANGAN PASAR
   PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PERMINTAAN PRODUK PER TAHUN
1.     a.  Jumlah Permintaan Terhadap Produk 
Jumlah permintaan terhadap produk sangat tergantung dari jumlah produksi produk dan tingkat penawaran produknya sendiri. Karena Produk Kerajinan yang kita Produksi dan kita Ambil dari Supplier belum direalisasikan Selama 1Tahun.  Jadi, jumlah permintaan belum bisa dihitung dengan pasti hanya masih bisa diperkirakan saja.
b. Proyeksi Permintaan & Penjualan
 Demand
Perkiraan Permintaan Perminggu
Perkiraan Permintaan Perbulan
Buruk
150
800
Sedang
220
850
Baik
250
900

·                     Jumlah Wanita 15-55 Tahun Di Jakarta             : 17.500.000 orang
Jumlah Laki – Laki 15-55 Tahun Di Jakarta        : 15.000.000 orang   +
                                               Total                      : 32.500.000 orang
·            1% dari jumlah orang diperkirakan yang melihat produk Kerajinan yaitu 
           (1% x 32.500.000 = 325.000 orang)
·            20% dari jumlah yang melihat produk Kerajinan bertanya mengenai  
           produk.Yaitu (20% x 325.000 = 65.000 orang)
·            20% dari jumlah yang melihat produk Kerajinan ini dan bertanya memiliki
           niat untuk membeli. Yaitu (20% x 65.000 = 13.000 orang)
·            Dari 13.000 orang yang memiliki niat untuk membeli itu bukan  
           berartimereka membeli produk, apabila ada 50% saja dari  
         mereka yangbenarbenarmembelipodukberartiada(50%x 13.000 = 6.500 orang)

3.5       ANALISIS PESAING
a.  Jumlah Produk Sejenis Di Pasar
            Bisnis Kerajinan merupakan bisnis yang sudah ada. Namun, tidak begitu dikembangkan, contohnya Placemat (bentuk segi empat, persegi panjang).  Keberadaan model Placemat yang monoton membuat konsumen enggan melirik Placemat tersebut. Dengan model placemat yang dikembangkan akan menarik minat konsumen untuk membeli. Selain Itu ada Box tisue, Coster atau tempat buah yang bisa di desain unik & menarik dengan Visual yang memikat. Ada pula tempat sendok, gelas ataupun Tas Walaupun Mengambil dari Supplier Tapi Desainnya & Kualitas bahan Terjamin dengan harga kompetitif sehingga menarik bagi konsumen untuk membelinya.
b. Kapasitas Produksi Pesaing
    Untuk produksi pesaing Kerajinan ini sudah sangat banyak. produk yang sudah banyak diantaranya :
c. Proyeksi Penawaran Pesaing
    Untuk penawaran pesaing. Misalkan diambil contoh
1.      Atte Bali
      Atte Bali Melakukan Penawaran dengan memasarkan produknya secara langsung terhadap konsumen di mall-mall atau tempat perbelanjaan terkemuka sehingga barangnya eksklusif dan mahal dengan Brand Bali seorang Artis/Selebritis Sehingga Brandnya di kenal dan terpercaya. Tetapi, tidak memanfaatkan agen/reseller dan harganya yang kurang kompetitif.
2.      Produk Rotan
      Produk Rotan ini banyak di jumpai di pasar Seni, Harganya yang terjangkau sangat di sukai konsumen khususnya kalangan menengah ke bawah walaupun bahan dan kualitasnya kurang baik serta Model yang tidak bervariasi 
d.    Pangsa Pasar
    Pangsa pasar untuk Produk Kerajinan sangat luas. Dari kalangan masyarakat menengah hingga atas bisa menjadi target pasar, dengan pangsa pasar yang luas itu maka peluang bisnis juga terbuka lebar.Target pasar adalah Perhotelan, dan masyarakat yang ingin dan suka berpenampilan Beda dengan Produk Kerajinan yang Unik & Beragam dengan Inovasi & Kreasi Masa Kini.

3.6       SALURAN DISTRIBUSI
WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI SAAT INI

1.     Wilayah Pemasaran
·         Lokal       10%
·         Regional  5 %
·         Nasional  15 %
·         Ekspor        70%

2.     Jalur Distribusi
□          Individu
□          Pemerintah
□          Distributor
□          Retailer
□          Lain - Lain

3.     Alamat Showroom / Counter Penjualan (Milik Perusahaan)
Jl. Pramuka no.1 Karang Bayan Kec.Lingsar Kab.Lombok Barat NTB



WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.     Wilayah Pemasaran
·         Lokal       10 %
·         Regional  5 %
·         Nasional  15  %
·         Ekspor     70  %

2.     Jalur Distribusi
□          Individu
□          Industri
□          Pemerintah
□          Lain - Lain
□          Distributor
□          Retailer
□          Eksportir

3.     Rencana Lokasi Showroom / Counter Penjualan
Jl. Pramuka no.1 Karang Bayan Kec.Lingsar Kab.Lombok Barat NTB


BAB IV
ANALISIS PRODUKSI

4.1       PROSES & RENCANA PRODUKSI
Proses  Pembuatan Tas,Bak Sampah,Box Tisue,Tempat Roti, empat buah& Pego
1.    Memecah Tali
2.    Memilih tulang jelujuh bahan sesuai pola tersebut
3.    Serut terlebih dahulu bahan tersebut
4.    Bahan yang sudah di Pecah kemudian di porot sama rata  
                        kemudian di anyam sesuai Disain
Proses Pembuatan Tas Sundung:
Berikut ini tabel rencana produksi untuk bulan pertama:

Waktu
Rencana Produksi dalam ( Unit )
1 Minggu
20 ikat ketak bahan      100 Pcs Tas Sundung
20 ikat ketak bahan       100 Pcs Tas Ac
20 ikat ketak bahan       100 Pcs Tas Bulan
20 ikat ketak bahan       100 Pcs Tas Bide
10 ikat ketak bahan       100 Pcs Box Tisue
15 ikat ketak bahan       100 Pcs Pego 30cm
10 ikat ketak bahan       100 Pcs Pego 20cm
10 ikat ketak bahan       100 Pcs tempat sendok M
Jumlah x4 (Bulan)

Total
80 ikat ketak bahan       400 Pcs Tas Sundung
80 ikat ketak bahan       400 Pcs Tas Ac
80 ikat ketak bahan       400 Pcs Tas Bulan
80 ikat ketak bahan       400 Pcs Tas Bide
40 ikat ketak bahan       400 Pcs Box Tisue
60 ikat ketak bahan       400 Pcs Pego 30cm
40 ikat ketak bahan       400 Pcs Pego 20cm
40 ikat ketak bahan       400 Pcs tempat sendok M
500 ikat ketak Bahan =  3.200 Pcs

  KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI
1.    Bahan Berkualitas Baik & Terjamin anti rayap
2.    Desain Unik & Variatif
3.    Di Kerjakan oleh Profesional & Kompeten


4.2       BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
1.    Rencana Kebutuhan dan Pembelian Bahan
a.    Kebutuhan Barang
       Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan, Tas, BAk Sampah, Box Tisue, Tempat  
       Roti, tempat buah& Pego
1.   Bahan Dasar  :  Bahan/Ketak
b.    Rencana Pembelian Barang
       Rencana pembelian barang akan dilakukan di Supplier Besar di Plores/Sumatra   
       Setiap 1-2 bulan Sekali Agar Harganya Lebih Murah & Bisa Mengurangi Biaya  
       Produksi, setelah semua perencanaan pembuatan Produk Kerajinan ketak selesai.


c.    Rencana Kebutuhan Tenaga Kerja Langsung
       Untuk rencana kebutuhan tenaga kerja langsung diperlukan 12 tenaga kerja untuk  
       membantu dalam proses pembuatan Produk Kerajinan Ketak. Yang di Utamakan di  
       Rekrut dari warga sekitar yang memiliki keahlian Dasar, Yang kemudian bisa di
       latih secara bertahap.
       Untuk selanjutnya apabila permintaan akan produk meningkat, akan ditambah  
       tenaga kerja casual atau non-permanen untuk membantu yang juga di utamakan    
       dari warga sekitar, sehingga warga sekitar bisa memiliki penghasilan tambahan.
       Sehingga sedikit banyak perusahaan bisa membantu kesejahteraan warga sekitar.

d.    Kebutuhan Perlengkapan dan Peralatan
       Peralatan yang digunakan dalam pembuatan Produk Kerajinan Ketak adalah:
1.    Pisau
2.    Pusut
3.    Porotan
4.    Potongan Kuku
5.    Meteran
6.    Tungku/Oven
7.   Serutan
8.    Asah gerinda
Perlengkapan  yang  dibutuhkan  dalam  bisnis  pembuatan Prosuk Garmen adalah :
1.    Meja
2.    Kursi
3.    Komputer/Laptop
4.    Printer All in One
5.    ATK
6.    Ketak/Bahan
7.    Motif
8.    Gunting
9.    Liem serbaguna
10.  Kain dalaman Tas
11.  Mesin Jahit
12.  Tali Kur
13.  Liem rajawali
e.    Kebutuhan Tempat
       Dalam bisnis pembuatan Produk Kerajinan Ketak, diperlukan tiga tempat untuk penempatan tiga proses, yaitu :
1.    Ruangan untuk Penyimpanan bahan baku ketak
2.    Ruangan untuk menjahit dalaman Tas
3.    Ruangan untuk pengemasan barang dan penjualan
f.     Kebutuhan Sarana
       Kebutuhan sarana utama untuk pembuatan Produk kerajinan anyaman Ketak  
       adalah Sarana Internet, Telepon, Listrik dan Air.





4.3       KAPASITAS PRODUKSI

FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI YANG DIMILIKI
Fasilitas / Mesin Produksi *)
Jumlah
Total Nilai
Mesin Jahit
1 Buah
Rp.  1.000.000
Tungku/Oven
1 Buah
Rp.  2.000.000
Kompresor
2 Buah
Rp.  3.000.000
Sewa Toko
1 Buah
Rp.  1.000.000
Total
5 Buah
Rp.  7.000.000
*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi

KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN
1.000 Pcs

4.4       RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI
1.    10-20% Keuntungan untuk Menambah Modal & Asset  
     Termasuk Membeli Alat/Mesin Produksi Agar Lebih berkembang
2.    Selalu Menguprade Mesin/Alat Produksi Menjadi Lebih Canggih Sesuai  
     Kemampuan Perusahaan agar Lebih Efektif & Efisien
3.    Membeli Alat-Alat Penunjang Produksi Secara Bertahap


RENCANA PENAMBAHAN FASILITAS DAN MESIN PRODUKSI
Fasilitas / Mesin Produksi *)
Jumlah
Total Nilai
Mesin Jahit
2 Buah
Rp.  2.000.000
Tungku/Oven
2.Buah
Rp.  4.000.000
Kompresor
2 Buah
Rp.  3.000.000
Total
6 Buah
Rp.  9.000.000
*) tanah, bangunan, mesin dan peralatan produksi


TARGET KAPASITAS PRODUKSI RATA-RATA PER BULAN *)
5.000 Pcs
*) setelah


BAB V
ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)


5.1       ANALISIS KOMPETENSI SDM
Tingkat Pendidikan
Jumlah
SD
5   Orang
SMP
2   Orang
SMA/SMK
7   Orang
D1
1   Orang
Strata 1 (S1)
1   Orang
Total
16 Orang

Bagian / Departemen
Jumlah
Bagian Keuangan
1   Orang
Bagian Pemasaran
1   Orang
Bagian Pelayanan + Adm
1   Orang
Bagian Pengiriman
1   Orang
Bagian Produksi
8   Orang
Total
12 Orang


KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN
1.    Memiliki Kemampuan Sesuai Kompetensinya
2.    Mempunyai Teamwork yang baik
3.    Mempunyai Keterikatan Seperti Keluarga Satu Sama lain
4.    Memiliki Tanggung Jawab & Disiplin




5.2       ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (Tahun)
Keterampilan Khusus
Bag. Keuangan
SMK
3 Tahun
Keuangan & Adminitrasi
Bag. Produksi
SMP & SMK
5 Tahun
Menganyam
Bag. Pelayanan + Adm
Strata 1
1 Tahun
Manajemen

5.3       RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM
JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Di Rekrut
Bag. Produksi (Menganyam)
100
                        4  150
100
Bag. Produksi (kain dalaman tas)
2
4
2
Bag.Pembuatan Motif Kayu
3
3
3
Pelayanan Online
1
0
1

BAB VI
RENCANA PENGEMBANGAN USAHA


6.1       RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

□     STRATEGI PEMASARAN
·         Merekrut Agen/Reseller Di Seluruh Indonesia
·         Memanfaatkan Internet/Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Paling Utama
·         Memberikan Royalti/Reward Bagi Customer Agen/Reseller u/ meningkatkan Penjualan Produk




□     STRATEGI PRODUKSI          
·         Meningkatkan Kinerja Karyawan Agar Lebih Efektif & Efisien
·         Menguprade Fasilitas Produksi Setiap Tahun
·         Melakukan Inovasi & Kreasi produk agar Lebih Unik & Menarik


□     STRATEGI ORGANISASI DAN SDM          
·         Melakukan Reward & Punishment Terhadap Karyawan Tanpa Terkecuali
·         Memberikan Keahlian Tambahan Bagi Karyawan Yang Loyal & Berprestasi dengan Kursus atau Seminar
·         Melakukan Evaluasi Kinerja Per Bulan


□     STRATEGI KEUANGAN
·         Membuat Laporan Keuangan Secara berkala Setiap Bulan
·         Melakukan Kerjasama Dengan Bank Atau Lembaga Keuangan untuk Menambah Modal dan Mengembangkan Perusahaan
·         Menyisihkan Laba Bersih 10 - 20% untuk Pengembangan Usaha


6.2       TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA
KEGIATAN
Bulan Ke-   (2015)
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Membeli Fasilitas/Alat Produksi
V
Membuat Website
V
Merekrut Tenaga Kerja
V
V
Memberikan Pelatihan Keahlian Tenaga Kerja
V
V
V
V
Melakukan Promo & Diskon
V
V
Membuat Perizinan Usaha
V
V
V




BAB VII
ANALISIS KEUANGAN
7.1       MODAL
                                                Tabel kebutuhan modal investasi
  Biaya Peralatan
No
Nama Barang
Jumlah (Buah)
Umur Ekonomis (Bulan)
Harga Satuan (Rp)
Jumlah Harga (Rp)
Harga Penyusutan (Rp)
1.
Mesin jahit
1
60
1.000.000
   1.000.000
66.667
2.
Kompresor
1
60
3.000.000
   3.000.000
50.000
3.
Pisau
10
60
25.000
   250.000
50.000
4.
Jarum/Pusut
10
60
5.000
          50.000
    1.333
5.
Gunting
10
12
10.000
       100.000
    3.333
6.
Meteran
10
60
20.000
        200.000
    1.333
7.
Potngan Kuku
10
24
5.000
        50.000
       0.833
8.
Porotan
10
36
5000
        50.000
   1.111
9.
Tungku/Oven
1
12
1.000.000
        1.000.000
   1.667
Jumlah Peralatan
5.700.000
176.274
Biaya Perlengkapan
11.
Meja
2
60
150.000
300.000
5.000
12.
Kursi
2
48
60.000
120.000
3.000
13.
Komputer/Laptop
1
60
3.500.000
3.500.000
58.333
14.
Printer All in One
1
60
800.000
800.000
13.333
15.
ATK
6
6
10.000
60.000
10.000
16.
Kertas
2Pack
2
32.000/Pack
64.000
32.000
Jumlah Perlengkapan
4.844.000
131.333
Jumlah Peralatan dan Perlengkapan
12.188.000
252.999

                                                            TABEL MODAL BIAYA
No
Nama Barang
Nama Bahan
Satuan
Harga Satuan
Dibutuhkan
Biaya/
pcs (Rp)
Total Biaya

1.                                      Bahan Pembuat Barang(100 Pcs/Bulan)
1
Placemat
Bahan/ketak jelujuh
ikat
35.000
1/4 ikat
8.750
875.000
2
Tas AC
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
3.500.000
3
Tempat buah M
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
4
Pego 30cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
5
Bak Sampah
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 ikat
35.000
3.500.000
6
Box Tisue
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
3.500.000
7
BOLA 10cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1/4 ikat
8.750
875.000
8
Bola 15cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
9
Bola 25cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
3.500.000
10
Baskom motif 40cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1,5 ikat
52.500
5.250.000
11
Tempat sendok M
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
12
Copok oval polos
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1/4 ikat
8.750
875.000
13
Copokmotif oval
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1/4 ikat
8.750
875.000
14
Nampan kuping
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
15
Tamiang 30cm
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
16
tempat buah glg B
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
7.500.000
17
Jukung M
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
½ ikat
17.500
1.750.000
18
JUkung B
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
7.500.000
19
Try Muif
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
1 Ikat
35.000
7.500.000
20
Masas B
Bahan/Ketak
Ikat
35.000
3 Ikat
105.000
10.500.000

Jumlah
680.000
68.000.000

9.  Biaya Kemasan Produk kerajinan Ketak
1
Kertas kopi
Meter
20.000
4 Meter
20.000
80.000
2
ATK
Sachet
25.000
4 Sachet
25.000
100.000
3
Rader
Buah
10.000
4 Buah
10.000
40.000
4
Kertas
Meter
10.000
4 Meter
10.000
40.000
5
Plastik
Buah
400
3.200 Buah
400
1.280.000
Jumlah
65.400
1.540.000
Total Modal Biaya Bahan (Rp)
145.260.000
Biaya Pendirian (Perijinan)
Nomor
Uraian
Jumlah
1
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Rp      500.000
2
Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
Rp      500.000
3
Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
Rp   1.000.000
4
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Rp                 
Jumlah
Rp   2.000.000

Sumber dana
1)      Rencana Kebutuhan Modal
·            Modal Investasi           `                           = Rp    12.188.000
·            Modal Biaya Pendirian                             = Rp      2.000.000
·            Modal Pembelian Produk Lain                            = Rp    10.500.000/Minggu
·            Modal Biaya                                            = Rp   145.260.000 +
                   Total Kebutuhan Modal                    = Rp   169.948.000
2)      Sumber Dana/ Modal
·            Modal Pribadi                                          = Rp 135.000.000
·            Modal Pinjaman                                                = Rp   50.000.000   +
           Total Modal                                             = Rp   185.000.000
3)      Alokasi Modal
·            Total Modal                                             = Rp   185.000.000
·            Total Kebutuhan Modal                                      = Rp   169.948.000  -
           Sisa Modal/Cadangan Modal                     = Rp     15.052.000
                    *) Modal Pinjaman Di Cicil Selama 2Tahun (24 Bulan) Dengan Bunga  
                   9%/Tahun Rp. 3.333.333/Bulan


7.2       RENCANA PENDAPATAN / PENJUALAN
Rencana Pendapatan / Penjualan (Rata–Rata/Barang) :
No.
Nama Barang
Harga Jual/ Pcs (Rp)
Harga Beli/Pcs
Banyak Produk
Penjualan           (HJ * BP)
1
Placemat
45.000
27.000
100
4.500.000
2
Tas AC
200.000
135.000
100
20.000.000
3
Tempat buah M
70.000
40.000
100
7.000.000
4
Pego 30cm
70.000
40.000
100
7.000.000
5
Bak Sampah
150.000
110.000
100
15.000.000
6
Box Tisue
100.000
65.000
100
10.000.000
7
BOLA 10cm
25.000
15.000
100
2.500.000
8
Bola 15cm
50.000
30.000
100
5.000.000
9
Bola 25cm
100.000
65.000
100
10.000.000
10
Baskom motif 40cm
160.000
100.000
100
16.000.000
11
Tempat sendok M
50.000
25.000
100
5.000.000
12
Copok oval polos
35.000
20.000
100
3.500.000
13
Copok motif oval
40.000
25.000
100
4.000.000
14
Nampan kuping
75.000
50.000
100
7.500.000
15
Tamiang 30cm
35.000
25.000
100
3.500.000
16
tempat buah glg B
150.000
100.000
100
15.000.000
17
Jukung M
75.000
50.000
100
7.500.000
18
JUkung B
200.000
150.000
100
20.000.000
19
Try Muif
100.000
75.000
100
10.000.000
20
Masas B
400.000
325.000
100
40.000.000
Jumlah
2.130.000
1.472.000
2.000
213.000.000
*) Harga Rata-Rata, Masing-Masing Desain Mungkin Lebih Murah/Lebih Mahal


Biaya Gaji Karyawan
Jabatan
Jumlah
Gaji per orang/bulan
Jumlah gaji
Keuangan
1
Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
Pemasaran
1
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
Pelayanan + Adm
1
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
Pengiriman
1
Rp 2.500.000
Rp 2.500.000
Leader Produksi
1
Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
Produksi
7
Rp 2.500.000
Rp 17.500.000
Gaji per bulan
Rp 31.000.000
Gaji per tahun
Rp  372.000.000



Biaya Administrasi
Biaya administrasi per bulan
Jumlah
  Biaya Pajak
Rp      1.000.000
Biaya Sewa ruko
Rp      1.000.000
Biaya Cicilan Rumah
Rp.     1.000.000
Biaya Distribusi
Rp         500.000
Biaya Transportasi
Rp.        500.000
Biaya Internet, Telepon, Air & Listrik
Rp.        500.000
Biaya lain-lain
Rp      2.500.000
Dana Alokasi Khusus/Pengembangan
Rp      1.500.000
Biaya adm per bulan
Rp    8.500.000
Biaya adm per tahun
Rp    102.000.000




 7.3      RENCANA LAPORAN LABA/RUGI

Rencana Laporan Laba/Rugi Per Bulan
       Penjualan                                                                    Rp.  213.000.000
Biaya Penyusutan                                :  Rp.        252.999
Biaya Bahan                                        :  Rp.  142.260.000
Biaya Pembelian Ke Supplier                :  Rp.      1.472.000
Biaya Gaji Karyawan                           :  Rp.    31.000.000
Biaya Administrasi                              :  Rp.      8.500.000
Biaya Modal Pinjaman                         :  Rp.      2.333.333 +
       Total Biaya                                  :  Rp.   185.818.332  -
                   Laba Bersih                     :  Rp.   27.181.668




BAB VIII
ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA
8.1       DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR & LINGKUNGAN
−  Keuntungan :
·         Membuka Lapangan Pekerjaan untuk Masyarakat Sekitar & Lingkungan Sehingga Bisa Mengurangi Pengangguran
·         Masyarakat Sekitar & Lingkungan bisa Di bantu Oleh Dana Alokasi Khusus Perusahaan untuk Kegiatan Sosial & Membantu Masyarakat Tidak Mampu
·         Memberikan Pajak Pendapatan Kepada Pemerinatah Kabupaten
·         Memberikan Sisa Kain Produksi Kepada PKK di Lingkungan sekitar untuk Di olah Menjadi Barang Yang Lebih Bernilai Sehingga Ibu Rumah Tangga Yang Tergabung dalam Kader PKK bisa mendapatkan Penghasilan Tambahan

·      Kerugian :
·         Suara Mesin Produksi Yang Mungkin Bisa menggangu Masyarakat  
               Sekitar

8.2       ANALISIS RESIKO USAHA
·       Teknologi
−        Teknologi Alat/Mesin Produksi Yang Semakin Canggih Sehingga Kompetisi Global Semakin Sengit Apalagi Pengusaha yang Memiliki Modal yang Besar bisa Memproduksi barang dengan Teknologi yang Canggih & Efisien yang Menyebabkan Harga Produknya Lebih Murah Karena Biaya Produksinya Bisa Di tekan Seminimalisir Mungkin.
−        Teknologi Internet & Media Sosial telah membawa perubahan yang paling fundamental setelah revolusi industri. Internet & media Sosial memungkinkan orang memandang bisnis garment dengan cara yang berbeda sehingga menawarkan peluang bisnis baru yang tak terbatas bagi pelaku pasar. Para pelaku pasar yang belum atau terlambat memanfaatkan internet (atau teknologi dalam arti luas) akan sangat tertinggal dan kalah bersaing dengan pelaku lainnya Apalagi Yang Memiliki Modal Besar yang memiliki Dana Khusus Untuk Teknologi Internet & Media Sosial.
·      Keamanan
−        Kondusifitas keamanan yang selalu berubah-ubah.
−        Kejahatan Sosial yang Semakin Meningkatkan
·     
     Bahan Baku Utama
−        Ketersediaan Bahan baku Utama di hutan yang Harus di budidayakan yang akan menyebabkan waktu penyelesaian order lebih lama.
−        Keterlambatan Pasokan atau ketiadaan pasokan Bahan Baku Utama yang akan menimbulkan masalah dalam memenuhi Jadwal Produksi, Pesanan Konsumen dan pengiriman barang ke Konsumen.
·      Aspek Lainnya
−        Buruh mengingat industri Kerajinan adalah industri yang bersifat  padat karya. Saat ini, serikat pekerja memiliki kekuatan penekan yang cukup dengan Demo Buruh sehingga bisa berdiri sejajar dengan pengusaha maupun pemerintah. Kesuksesan suatu perusahaan Kerajinan tergantung pada perusahaan tersebut mampu mengelola pekerjanya.
−        Pasar serta peluang pasar terbesar untuk Kerajinan ketak saat ini adalah ekspor. Oleh karena itu segala hal yang dapat menggangu kelangsungan ekspor merupakan faktor yang patut diperhatikan.
−        Ekspor Kerajinanbiasanya dilakukan atas peseanan dari pembeli (buyer) asing. Penghentian kontrak,  pengurangan kontrak serta pembatalan kontrak oleh buyer merupakan resiko industri yang patut dipertimbangkan. Hal yang serupa adalah pemberian lisensi dari pemberi lisensi yang memiliki resiko sama.

8.3       ANTISIPASI RESIKO USAHA
·         Selalu Upgrade Teknologi Internet & Berusaha Meningkatkan Teknologi Produksi yang Lebih Canggih
·         Selalu Menjaga Hubungan Baik & Kekeluargaan dengan Karyawan
·         Selalu Bekerjasama Dengan Pemerintah & Masyarakat Sekitar
·         Selalu Meningkatkan Kualitas Produk

LAMPIRAN ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS (SWOT)
STRENGTH (KEKUATAN)
1.         PRODUK
o  Harga jual Murah & Terjangkau
o  Mutu produk Berkualitas & Terjamin
o  Desain & Variasi Produk Beragam & Unik
2.         FUNGSI PEMASARAN
o  Promosi dan Iklan Di Fokuskan Ke Internet/Website & Media Sosial
o  Tenaga Sales/Pemasaran berKompeten
3.         DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
o  Kecepatan Distribusi 1-3Hari Melalui JNE/Tiki
o  Ketepatan waktu Pengiriman Terjamin Tergantung Lokasi Konsumen
o  Ketersediaan Barang Terjamin & Ready Stok
4.         PELAYANAN PELANGGAN
o  Keramahan Konsumen Di Utamakan & Pelayanan Prima
5.         ORGANISASI DAN SDM
o  Rekrutmen dan penempatan Sesuai Kompetensi & Keahlian
o  Tingkat pendidikan SMP & SMA/K Terlatih
o  Pengalaman kerja 1-5Tahun
o  Jumlah tenaga kerja 12Orang
6.         SISTEM MANAJEMEN
o  Sistem Pembukuan (Akuntansi) Manual & Komputerisasi
o  Sistem Administrasi Terstruktur & Rapih
7.         PRODUKSI
o  Biaya produksi Di Minimalisir Agar Harga dapat Bersaing & Terjangkau
o  Perencanaan Produksi Terstruktur 
o  Kapasitas Produksi 2000 Pcs/Bulan
o  Kemampuan Pemenuhan Order Terjaga & Ready Stok
o  Fasilitas produksi Cukup Maksimal
o  Penanganan Limbah Produksi Di Berikan Kepadamasyarakat yang tidak mampu di Lingkungan Sekitar Perusahaan U/ Di Olah Menjadi Barang yang Bernilai Jual
8.         TEKNOLOGI
o  Penggunaan teknologi modern Untuk Alat/Mesin Produksi Di Upgrade Setiap Tahun Secara Berkala
9.         PEMANFAATAN TI
o  Pemahaman manfaat TI Sangat Penting & Dimaksimalkan Terutama Internet, Media Sosial & Software
o  Ketersediaan perangkat keras Ada & Dimanfaatkan Secara Maksimal
o  Ketersediaan perangkat lunak Ada & Dimanfaatkan Secara maksimal
o  Kemampuan operator Berkompeten
10.     LAIN-LAIN, SEBUTKAN:
o  Hubungan Dengan Pemerintah & Masyarakat & Lingkungan Sekitar Menjadi Hal yang Penting Bagi perusahaan Agar terciptanya Sinergisitas antara stakeholder tersebut
o  Karyawan Menjadi Asset Terpenting yang harus di jaga dengan Teamwork & kekeluargaan yang harus di bangun di dalam perusahaan


WEAKNESS (KELEMAHAN)
1.         PRODUK
Ø  Produk Sejenis Cukup Banyak Di Pasaran
Ø  Perlengkapan (feature) Tambahan Masih Kurang Maksimal
Ø  Pengemasan & label Masih Kurang Menarik
2.         FUNGSI PEMASARAN
Ø  Promosi dan Iklan Susah Bersaing dengan Perusahaa sejenis yang Memiliki Brand Ambassador Artis/Selebritis
Ø  Tenaga Sales Kurang Banyak
3.         DISTRIBUSI DAN PERSEDIAAN
Ø  Kecepatan distribusi & Ketepatan waktu pengiriman Masih Bergantung Pada Jasa Pengiriman (JNE/Tiki)
4.         PELAYANAN PELANGGAN
Ø  Pelayanan purna jual Kurang Maksimal
5.         ORGANISASI DAN SDM
Ø  Wewenang dan Delegasi Terbatas
Ø  Tingkat keahlian khusus Masih Kurang
Ø  Jumlah tenaga kerja Masih Kurang
6.         SISTEM MANAJEMEN
Ø  Sistem pembukuan (Akuntansi) & Administrasi belum Komputerisasi Sepenuhnya
7.         PRODUKSI
Ø  Biaya produksi Masih Kurang Bisa di Tekan
Ø  Perencanaan produksi masih Kurang Matang
Ø  Kapasitas produksi Perlu Di Tingkatkan
Ø  Kemampuan pemenuhan order Masih ada yang belum terjangkau
Ø  Fasilitas produksi Masih Kurang
8.         TEKNOLOGI
Ø  Penggunaan teknologi modern Masih Kurang walaupun Sudah Maksimal
9.         PEMANFAATAN TI
Ø  Pemahaman manfaat TI Karyawan Masih Kurang
Ø  Ketersediaan perangkat keras masih Kurang
Ø  Ketersediaan perangkat lunak Masih Kurang
10.     LAIN-LAIN, SEBUTKAN:
Ø  Kurangnya Modal Sehingga Alat/Mesin Produksi belum Efisien & fasilitas Masih Terbatas

OPPORTUNITIES (PELUANG)
1.    PERSAINGAN
ü  Persaingan untuk usaha sejenis Masih sangat Terbuka
ü  Produk import Sangat Banyak Namun Kurang berkualitas
2.         PEMODALAN
ü  Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan) Cukup Maksimal
ü  Kemudahan mendapatkan pinjaman Cukup Walau Masih Terbatas
ü  Tingkat suku bunga kredit Cukup Tinggi
3.         KEBIJAKAN PEMERINTAH
ü  Perijinan dan birokrasi
ü  Peraturan pemerintah
ü  Kebijakan fiskal
4.         PELUANG PASAR
ü  Akses dan informasi pasar
ü  Permintaan pasar Sangat Banyak
ü  Perilaku pasar sangat Positif
5.         PROTEKSI PASAR EKSPORT
ü  Proteksi pasar eksport
6.         KEMAJUAN TEKNOLOGI
ü  Perkembangan teknologi produksi
ü  Perkembangan TI Khususnya Internet & Media Sosial
7.         TENAGA KERJA
ü  Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan
ü  Serikat pekerja Terlal Banyak
8.         BAHAN BAKU
ü  Mutu bahan baku Banyak Yang Berkualitas
ü  Fluktuasi harga bahan baku
ü  Ketersediaan bahan baku Masih sulit Di cari
9.         MASYARAKAT SEKITAR
ü  Tuntutan lembaga konsumen
ü  Sikap masyarakat terhadap produk Positif
10.     KONDISI PEREKONOMIAN
ü  Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan) Fluktuatif
ü  Tingkat suku bunga deposito Rendah

THREATS (HAMBATAN)
1.         PERSAINGAN
□     Persaingan untuk usaha sejenis Sangat Banyak
□     Persaingan untuk produk substitusi Masih Kurang
□     Produk import sangat Banyak
2.                  PEMODALAN
□     Hubungan dengan lembaga keuangan (perbankan) Sulit ketika mengawali Usaha
□     Kemudahan mendapatkan pinjaman Masih Kurang & Terbatas
□     Tingkat suku bunga kredit Sangat Tinggi
3.                  KEBIJAKAN PEMERINTAH
□     Perijinan dan birokrasi Masih Rumit Walau Sudah Sedikit Berubah
□     Peraturan pemerintah Masih Kurang Melindungi
□     Perpajakan Kurang Sosialisasi
□     Pengurusan eksport Sulit
4.                  PELUANG PASAR
□     Akses dan informasi pasar Sangat Kurang
□     Permintaan pasar Banyak Namun harga Bersaing
5.                  PROTEKSI PASAR EKSPORT
□   Proteksi pasar eksport Sangat Kurang
6.                  KEMAJUAN TEKNOLOGI
□     Perkembangan teknologi produksi Cukup Maksimal
□     Perkembangan TI Sangat Pesat
7.                  TENAGA KERJA
□     Ketersediaan tenaga kerja sesuai kebutuhan Masih Sulit Di cari
□     Serikat pekerja Terlalu Banyak
8.                  BAHAN BAKU
□     Mutu bahan baku Masih Kurang
□     Fluktuasi harga bahan baku Sangat Sering Terjadi
□     Ketersediaan bahan baku Masih Sering Terjadi
9.                  MASYARAKAT SEKITAR
□     Tuntutan lembaga konsumen Kurang Maksimal
□     Sikap masyarakat terhadap produk Cukup Maksimal
10.              KONDISI PEREKONOMIAN
□     Kondisi perekonomian dan perbankan (keuangan) Sangat Fluktuatif
□     Tingkat suku bunga deposito Masih Sangat Rendah


Tidak ada komentar: